Snack Sehat Sayur, Solusi Ampuh Atasi Anak yang Sulit Makan

Snack Sehat Sayur

Moms sering tidak mengalami anak yang sulit makan? Sudah mencoba berbagai resep makanan untuk membujuk si kecil makan tapi seringkali gagal? Bahkan, diumur 3-6 tahun anak sudah pandai memprotes dan memberontak apabila dipaksa untuk makan.  Ada yang merasakan hal yang sama Moms? Jangan khawatir ya Moms, ini hal wajar dialami setiap anak kecil tapi jangan biarkan hal ini terjadi terus menerus karena akibatnya bisa fatal. Faktanya banyak anak jatuh sakit dan tidak bertumbuh dengan baik akibat anak kurang asupan gizi dan sulit makan . Untuk itu Moms, ayo kita sama-sama belajar tips yang patut dicoba untuk mengatasi anak yang sulit makan.

1. Hias Makanan

Unuk mengatasi anak susah makan, Moms bisa coba ambil pendekatan yang berbeda dari yang biasanya. Moms bisa memulai hias menu makanan yang disajikan untuk anak. Kalau nasi dan sayur dibuat seperti muka “teddy bear’ anak Anda pasti lebih suka. Apalagi kalau menu makanan dihias sesuai dengan kegemaran kartun anak-anak Anda seperti Doraemon atau Thomas.

2. Jangan Paksakan Anak

Apabila anak sulit makan jangan marahi atau membentak anak. Jangan juga melarang anak bermain apabila dia tidak habiskan makanan Moms. Hal ini akan menanamkan perasaan negatif dan benci terhadap makanan-makanan yang mereka tidak suka.

Moms bisa mencoba merayu dengan menjanjikan mereka makanan yang mereka suka dengan syarat mereka menghabiskan sayuran/makanan yang mereka tidak suka. Jadi mereka akan makan sayuran lebih sering karena mereka tahu mereka akan diijinkan makan makanan yang mereka suka. Hal ini lebih baik daripada menimbulkan perasaan negatif atau paksaan pada anak.

3. Masak Bersama Anak

Saat berbelanja  atau memilih masakan apa yang ingin dimasak bisa coba ajak anak Anda untuk membuat pilihan bersama. Kerap kali, anak akan ikut serta melibatkan diri walau pada pilihan-pilihan makanan yang mereka tidak suka. Pastikan mereka ikut andil dalam memasak walau hanya kegiatan-kegiatan sederhana seperti mencuci buah sayur dan mengambil barang tertentu. Saat makan, pastikan Anda ikut makan masakan yang Anda dan anak Anda makan. Anak akan terpancing untuk makan dengan lahap saat melihat ibunya makan juga..

4. Variasikan Makanan Sehat

Kalau Anda anda sulit makan sayur atau buah, bisa variasikan makanan tersebut dengan menyampurkan sedikit krim/keju/es krim contohnya brokoli yang terbalut dengan keju cair. Bagi anak Anda yang sulit makan buah, bisa buatkan jus buah dengan tambahkan susu kental manis agar lebih terasa nikmat. Jika anak Anda suka makan burger, bisa gunakan roti da isi dengan isian yang mereka suka seperti ayam dan keju tapi isi juga dengan sayur-sayuran.  Selain itu, agar anak Anda rajin makan buah dan sayur Anda bisa mencoba memberikan sensasi makan yang berbeda seperti memberikan snack sehat sayur ataupun buah yang dijadikan keripik. Keripik buah dan sayur bisa membuat anak anda jadi lebih tertarik dan tergiur untuk komsumsi sayur dan buah tanpa mengurangi khasiat didalamnya. Intinya, buat menu makanan sehat anak menjadi lebih enak dan menarik.

Sumber : https://siraplimau.com/mengatasi-anak-susah-makan-tips-cara/